Media Sarang Tawon Bakteri

//Media Sarang Tawon Bakteri

Media Sarang Tawon Bakteri

Media Sarang Tawon Bakteri Proses pengolahan air limbah dengan mengunakan metode biofilter atau biofilm dilakukan dengan cara mengalirkan air limbah ke dalam bioreaktor atau reaktor biologis yang di dalamnya terdapat media penyangga untuk membiakan bakteri dengan atau tanpa suplai oksigen. Media biofilter yang digunakan dapat berupa bahan material organik ataupun bahan material anorganik.

Proses pengolahan air limbah dengan mengunakan metode biofilter atau biofilm dilakukan dengan cara mengalirkan air limbah ke dalam bioreaktor atau reaktor biologis yang di dalamnya terdapat media penyangga untuk membiakan bakteri dengan atau tanpa suplai oksigen. Media biofilter yang digunakan dapat berupa bahan material organik ataupun bahan material anorganik. Untuk media biofilter dengan bahan material organik misalnya dalam bentuk tali, bentuk jaring, bentuk butiran tak teratur, bentuk papan, bentuk sarang tawon, dsb. Sedangkan untuk media biofilter dengan bahan material anorganik misalnya batu pecah, kerikil, batu marmer, batu tembikar, batu bara, dsb.

Dalam melakukan penentuan media penyangga yang merupakan komponen terpenting dalam proses biofilter dapat memperhatikan kriteria sebagai berikut :

  • Mempunyai luas permukaan spesifik besar, yaitu ukuran seberapa besar luas areayang aktif secara biologis tiap satuan volume media. Secara umum sebagian besar media biofilter mempunyai nilai antara 30-250 sq.ft/cu.ft atau 100-820 m2/m3. Luas media penyangga berpengaruh terhadap biaya, mekanisme penunjang, kemampuan penyrapan polutan. Tabel di bawah ini adalah perbandingan luas permukaan spesifik media biofilter.
  • Mempunya fraksi volume rongga tinggi, yaitu persentase ruang terbuka dalam media. Fraksi volume rongga berkisar antara 15-98 %
  • Diameter celah bebas besar, yaitu ukuran partikel paling besar yang dapat melewati media
  • Tahan terhadap penyumbatan, penyebab penyumbatan pertumbuhan biomasa, ketidak seragaman volume rongga dari media.
  • Terbuat dari bahan Inert, tidak korosif, tahan terhadap pembusukan dan perusakan secara kimia.
  • Harga perunit luas permukaanya murah
  • Mempunyai kekuatan mekanik yang baik
  • Ringan
  • Fleksibilitas, untuk mempermudah masuknya media kedalam reaktor.
  • Pemeliharaan mudah
  • Kebutuhan energi kecil, untuk suplai oksigen ataupun pompa sirkulasi.
  • Reduksi cahaya, bakteri nitrifikasi sensitife terhadap cahaya maka sebaiknya menggunakan media berwarna gelap.
  • Sifat kebasahan

Salah satu contoh media bakteri yaitu honeycomb, dimana media ini termasuk kedalam jenis media terstruktur dengan bahan konstruksi berupa lembaran PVC (Polyvinyl chloride). Bahan PVC relatife merupakan resin murah dengan sifat mekanik yang lebih baik dibandingkan dengan bahan PP (Polypropylene) dan HDPE (High Density Polyethylene). PVC pada awalnya bersifat hidrphobic (tidak suka air) namun biasanya menjadi basah atau mempunyai sifat kebasahan yang baik dalam waktu satu sampai dua minggu.

Berdasarkan regulasi PERMEN LH No. 5 Tahun 2014 Lampiran XLVII yang mengatur bahwa setiap limbah cair industri harus memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan, maka telah dilakukan penelitian dalam upaya untuk memperoleh suatu sistem pengolahan air limbah yang cukup sederhana yang dapat diterapkan di industri-industri kecil. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan pengolahan limbah yang mengandung nitrat (NO3), nitrit (NO2), dan ammonia (NH3)  dengan menerapkan sistem nitrifikasi biologis yang menggunakan reaktor biofilter tercelup menggunakan media sarang tawon. Pemilihan sistem ini karena telah diketahui cara biologis adalah cara yang paling ekonomis dan reaktor biofilter tercelup merupakan sistem yang mudah dioperasikan dengan hasil yang cukup maksimal. Hasil penelitian diperoleh efektivitas penurunan kadar nitrit (NO2) sebesar 97,23%, kadar ammonia (NH3) sebesar 85,80%, kadar N-total sebesar 43,65% dan kenaikan kadar nitrat (NO3) sebesar 21,92%, dengan waktu tinggal optimal selama 6-7 hari. Hal ini terjadi karena adanya bakteri pengurai yang melekat pada media sarang tawon yang dapat merombak senyawa-senyawa nitrogen.

Media Sarang Tawon (honeycomb contact) merupakan media biofilter terbaik untuk digunakan sebagai media pembiakan mikroba untuk menguraikan bahan-bahan pencemar organik yang terdapat dalam air limbah. Media biofilter sarang tawon terbuat dari bahan plastik yang ringan (PVC), tahan lama, mempunyai luas spesifik yang besar, ringan serta volume rongga yang besar sehingga resiko kebuntuan media sangat kecil.

Dibandingkan dengan media biofilter lainnya (seperti batuan kerikil, Mesh Pads (bantalan saringan serat), Briliio Pads, Bio Ball dan Random Packing), maka tipe media media biofilter tipe Sarang Tawon(cross flow) secara teknis memiliki keunggulan istimewa untuk digunakan sebagai media biofilter dalam pengolahan air limbah. Hasil kajian yang dilakukan diketahui bahwa media biofilter tipe sarang tawon memiliki bobot nilai tertinggi dibandingkan dengan media biofilter lainnya.

By | 2019-11-02T04:07:20+00:00 November 2nd, 2019|Media Sarang Tawon|Comments Off on Media Sarang Tawon Bakteri
Hubungi CS Alindra Haqeem